Pages

Thursday, August 29, 2013

Tim Tahu

Ini adalah menu yang aku bikin kemarin, Tim Tahu. Sebenernya masih banyak menu tertumpuk di file yang menunggu untuk diposting. Cici Liaaa, demi cici yang menanti resep tim tahu jadi aku posting yang ini duluan ya. Hehe. Sekali lagi, tahu adalah makanan favoritku *kayanya semua makanan itu favoritku ya* :p Segala jenis olahan tahu aku pasti suka (mau digoreng biasa, digoreng kripik, dimasak kuah, manis, pedas, asin, apapun itu pokoknya tahu)  :D
Sebenernya pertama kali bikin ini niatnya adalah bikin siomay tahu. Entah kenapa kok jadi bikin tim tahu ya. Jadi resep ini adalah olahan resepku sendiri, simple banget kok bikinnya. Mungkin sedikit butuh ketelatenan untuk memasukkan adonan daging ke dalam tahu. Kata cici angkat alias cici ketemu gede (Ci Evien), menu ini enak lho dan lebih enak daripada menu masakanku sebelumnya. Jadi makin semangat masak di rumah. Yay!


Ini dia hasil masakanku, sayangnya aku nggak bisa fotoin step by step karena nggak ada yang pegang kameranya TT. Hikz. O iya, aku kurang suka dengan hasil fotoku ini. Pertama, kurang berwarna n nggak ada warna hijaunya alias daun bawang/daun seledri karena ci Evien nggak doyan sama hijau-hijau itu. Kedua, fotonya diambil pas malem karena ini menu dinner. Sekarang pagi sampe sore, kerjaanku adalah update blog kue (ajang promosi) jadi nggak sempet masak selama cahaya mataharinya masih nongol. Kalo gini baru sadar kalau lighting paling sempurna adalah cahaya matahari. It's oke, yang penting rasanya enak. Hehe. Ceritanya cukup disini ya, sekarang saatnya mencoba resepnya. Check itu out! :)

Tim Tahu
by: Yeny Merlina Kristanti
 
Bahan:
6 potong tahu, masing-masing dibagi menjadi 2 bagian.
200 gr daging babi, blender menggunakan food processor
100 gr udang kupas, cincang
1 sdm tepung sagu/maizena
1 butir telur ayam
5 siung bawang putih, cincang halus
minyak babi (berasal dari lemak babi) untuk menumis
400 ml air
1 batang daun bawang, iris tipis (biasanya aku pake)
garam, merica, dan kaldu jamur secukupnya

Cara membuat:
  1. Siapkan tahu, keruk bagian dalam tahu, sisihkan.
  2. Rendam tahu dalam air garam, sisihkan (sehingga tahu menjadi lebih asin)
  3. Campur kerukan tahu, daging babi, udang, maizena/tepung sagu, telur ayam, merica, garam, dan kaldu jamur.
  4. Tiriskan tahu yang telah direndam garam, lalu masukkan adonan daging di dalamnya, sisihkan.
  5. Tumis bawang putih dan tuangkan air.
  6. Masukkan garam, merica, dan kaldu jamur secukupnya sesuai selera kalian. Didihkan.
  7. Siapkan pinggan tahan panas (kalau aku pake loyang kue yang dilapisi aluminium foil di dalamnya biar nggak bocor) lalu siapkan panci kukusan yang telah dipanaskan.
  8. Tata tahu yang telah diberi adonan daging kedalam pinggan. Siram dengan kuah, beri taburan daun bawang, dan masukkan pinggan kedalam kukusan.
  9. Kukus tahu selama 30 menit. Angkat dan sajikan selagi hangat.
Silahkan mencoba :)

No comments: