Pages

Wednesday, August 28, 2013

Es Kacang Merah

Nah, ini salah satu makanan favoritku, Kacang Merah! Mau dibikin es, oke. Mau dibikin sup, oke. Untuk isian bakpao, oke. Pokoknya segala sesuatu yang berhubungan dengan kacang merah, aku akan sangat menikmatinya. Kali ini aku bikin Es Kacang Merah, kalau nggak salah ini salah satu makanan khas manado. Ada yang bilang minuman ini khas manado, palembang, bangka, dll. Entah khas dari daerah manapun, yang pasti aku suka banget. Dulu, seminggu sekali aku akan bikin olahan kacang merah. Akan tetapi, sekarang harus mengurangi konsumsi kacang yang satu ini karena asam urat. Hikz. Masih muda tapi uda sakit asam urat itu paling nggak enak, apalagi untuk aku yang penggemar kacang merah dan segala olahan tahu. Anyway, ini resep dan gambarnya. Check it out!


Bahan I:
250 gram kacang merah, dicuci bersih (kacang merah segar, yeny..)
1.000 ml air
2 lembar daun pandan
2 butir gula merah (sekitar 150 gr)
50 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam (kata mama, ini wajib)

Bahan II:
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa (kalau lagi males, biasanya aku pake santan instan aja)
1 lembar daun pandan, diikat
garam secukupnya

Bahan Pelengkap:
Es serut
5 sendok makan susu kental manis cokelat


Cara Pengolahan :
  1. Presto kacang merah dan air 20 menit sampai empuk.
  2. Masukkan daun pandan, gula pasir, dan garam. Angkat dan dinginkan.
  3. Untuk bahan II, rebus santan, daun pandan, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Jangan sampai santannya pecah. Dinginkan.
  4. Cara penyajiannya, tuang kacang merah di gelas lalu tuang santan. Beri es serut dan tuang susu kental manis cokelat. Sajikan.

No comments: