Pages

Friday, August 30, 2013

Bolen Pisang Coklat-Keju

Siapa yang nggak tahu buah tangan dari kota kembang ini? Yap, bolen pisang memang cukup terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Bandung. Ini kedua kalinya aku bikin bolen bandung dan kendalanya tetap sama, nggak bisa seragam melipat kulitnya alias besar-kecil. Kalau percobaan pertama uda nggak karuan bentuknya, nggak rapi sama sekali. Untuk percobaan yang pertama nggak ada fotonya soalnya malu sama hasil karya yang nggak karuan itu. Hehe. Selain itu, Korsvet atau pastry fat atau pastry margarine nya bisa meluber kemana-mana pas dipanggang. Mungkin suhu di dapur terlalu panas sehingga adonannya terlalu lembek. Kalau percobaan kedua sudah better banget dibandingin yang pertama. Foto yang aku posting ini adalah percobaan kedua jadi uda "sedikit" mahir alias agak rapi. Untuk resepnya, aku lebih suka resep yang kedua, yaitu dari Hesti's Kitchen. O, iya untuk menu yang satu ini, aku nggak mau trima pesenan sama sekali. Selain lama ngebikinnya, uleni adonannya bisa bikin badan pegel semua. Karena adonan nggak boleh lembek, harus bolak-balik masukin adonan ke kulkas supaya adonan bisa digilas rapi. Untuk 20 biji bolen, aku menghabiskan waktuku dari pagi sampai siang menjelang sore. Sebelum matahari terbenam, langsung buru-buru ambil kamera dan bolennya langsung fresh from the oven.


Resepnya aku tulis ulang ya...

Bolen Pisang Coklat-Keju
Sumber: Hesti's Kitchen

Bahan:
250 gr Tepung terigu protein sedang
30 gr gula pasir
2 kuning telur
1 sdm margarin/butter
kurang lebih 100 ml air es
125 gr korsvet
1/2 sdm garam

Filling
- Pisang raja yang matang sekali (kukus, potong potong)
- Gula pasir
- Susu kental manis

Olesan:
Kuning telur + Madu

Cara:
  1. Kulit pastry: Campur terigu, gula, garam aduk rata. Tambah kuning telur dan air sambil diuleni ringan asal rata. Tambah margarin/ butter. Aduk sampai rata, tidak perlu sampai elastis. Bulatkan, simpan di kulkas selama 15 menit.
  2. Keluarkan dari kulkas, giling bentuk persegi panjang. isi dengan korsvet 2/3 nya. Tutup dibagian yang tidak terkena korsvet ke tengah. Lalu lipat lagi dan giling lagi. Lipat lagi seperti tadi. Lakukan hingga 4x. Simpan dikulkas lagi selam 15 menit. Kalau adonan terlalu lembek atau susah dikerjakan letakan terlebuh dahulu di dalam kulkas.
  3. Giling tipis adonan. Potong kotak kotak. Taburi tengahnya dengan sedikit gula pasir dan susu kental manis. beri isi 2 potong pisang yang diselipkan keju ditengahnya. Beri lagi gula sedikit. lipat seperti amplop hingga tertutup rapat.
  4. Tata di loyang ukuran 30 x 30 yang dialas kertas roti tanpa dioles margarin. Beri jarak sedikit untuk pastry mengembang. Panggang dengan suhu 180'C sampai kekuningan. Oles kuning telur, tabur keju parut. Turunkan panas hingga 160'C panggang hingga warna coklat keemasan.
  5. Angkat. Dinginkan. Siap disajikan.
Ada beberapa hal yang berbeda dengan resep yang aku gunakan, alias Tips dari aku:
  • Ketika menguleni adonan, beri taburan terigu pada gilingan sehingga tidak lengket ketika mengilas adonan.
  • Aku suka filling bolen yang basah dan manis, jadi aku gunakan gula pasir+susu kental manis sebagai filling.
  • Untuk melipat adonan, berikan sedikit putih telur (sisa pembuatan kulit pastry) sehingga lipatan kulit menjadi lebih rapat
  • Untuk olesan, aku menggunakan kuning telur+madu supaya terlihat lebih mengkilap. Selain itu, waktu pengolesan adalah ketika adonan setengah matang supaya olesan atas tidak gosong.
Demikian tips dari pengalamanku membuat bolen pisang ini. Aku sangat cocok dengan resep ini meskipun aku sama sekali nggak berminat untuk membuat bolen pisang ketiga kalinya :p Selamat mencoba ya!



No comments: