Pages

Tuesday, August 27, 2013

Spaghetti Carbonara


Kalo ditanya "kamu doyan western/chinese/indonesian food?", aku akan kebingungan memberikan jawaban. Chinese food? Doyan. Western food? Doyan. Indonesian food? Doyan juga. Mungkin akan lebih mudah kalo pertanyaannya dibalik "kamu nggak doyan makan apa?" Nah mungkin daftarnya akan lebih sedikit dan mudah dijawab :p

Kalau western food, ini salah satu makanan yang aku suka plus yang bisa aku buat. Jadi ini adalah salah satu menu yang nggak akan aku beli ketika makan di restoran karena bisa bikin sendiri! :))
  
 Spaghetti ala Carbonara
by Yeny Merlina Kristanti

Bahan:
Spaghetti (biasanya aku 1 genggam, jadi nggak tau beratnya)
500 ml air
2 sdm minyak sayur untuk air rebusan
2 sdm margarin, untuk menumis
1/4 buah bawang bombai, cincang halus
1 siung bawang putih, cincang halus
3 lembar smoked beef, potong meman
150 ml susu cair UHT
1 sdm whipped cream bubuk, campur dengan sedikit air
1 butir kuning telur
Garam, merica bubuk, kaldu jamur secukupnya
Keju cheddar parut sesuai selera
Oregano secukupnya untuk taburan

Cara membuat:
1. Didihkan air dan minyak sayur, masukkan spaghetti, masak hingga matang. Angkat, tiriskan.
2. Panaskan margarin, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum.
3. Masukkan smoked beef.
4. Tuang susu cair, aduk hingga rata.
5. Masukkan whipped cream dan kuning telur
6. Beri garam, kaldu jamur, merica bubuk, dan oregano
7. Masukkan spaghetti, aduk hingga rata.
8. Angkat, sajikan dengan taburan keju di atasnya.


 
Ini variasi yang lain, Fettucini Carbonara. (spaghetti diganti dengan fettucini)


Selamat mencoba :))

No comments: