Pages

Saturday, May 15, 2010

Bolu Tape (pake santan)


Akhirnya kesampean bikin bolu tape setelah menunggu sekian lama..
Di kampus, salah satu temenku jualan bolu tape dan larisssss banget..
Penasaran cara buatnya, aku searching resep bolu tape..
Entah di inet, gramedia, times (salah satu toko buku deket kampus)
akhirnya aku dapetin 2 resep: ada yang pake santan, ada yang pake mentega..
nah lho, bingung milih yang mana..
Aku mencoba inget2 rasanya seperti apa..
Hm, yup kaya roti santan meskipun teksturnya lebih padat dan berasa tape..
akhirnya aq pilih resep yang pake santan (tanpa margarin)

EHmm, baunya ga nguatin..
enak bangettt... haruuummm...

setelah selesai, saatnya mencoba...
lho, koq empuk banget, teksturnya persis banget ma roti tawar..
(padahal bolu punya temenku bantet tapi enak)
Yah, sepertinya salah resep..
Meskipun salah resep, keluargaku tetep suka (karena empuk)..
horeeee....
nambah resep baru... hehehe
*liburan berikutnya (tepatnya satu bulan lagi) aku akan coba resep bolu tape yang pake margarin..* ditunggu hasil postingnya ya...

note: sedihnya nasib anak kampus, kalo mau bikin kue kudu nunggu liburan..


Bahan:
- 6 kuning telur
- 2 putih telur
- 200 gr gula pasir
- 1 sdm cake emulfisier (aku pake ovalet)
- 180 gr tepung terigu
- 250 gr tapai singkong
- 200 ml santan kental dari 1 buah kelapa

Cara membuat:
- Kocok telur, gula pasir, cake emulfisier kocok hingga mengembang dan pucat
- Pada mangkuk yang lain, masukkan tapai yang telah dibuang seratnya dan haluskan. Kemudian campur dengan 100 ml santan kental
- Tuang adonan tapai ke dalam adonan tepung serta masukkan tepung + sisa santan secara bergantian
- Aduk hingga rata, panggang sekitar 35 menit.

2 comments:

juned said...

Wah...Bolu tape,
bolu bisa dibuat dari apa aja sih?

y m k said...

hmm, buanyakk..
semua bs dibuat bolu..
liburan bsk nyoba bolu tape yang satunya lagi... =p
mau? mau? mau?