Pages

Sunday, May 16, 2010

Bolu Kukus


Kena kutukan bolu kukus?
Hm, penasaran ah...
saking ketakutan bantet mpe nyari puluhan resep, trus dipikir (ditimbang-timbang) mana yang pualing menyakinkan.. hahahaha...
trus baca-baca buku trik biar mekar..
setelah semua siap.. saatnya mencoba
hasilnya not bad lah... (ngeles)
haha
kesalahan pertama adalah pake coklat bubuk tanpa mengurangi ukuran tepung terigu
kesalahan kedua adalah kukusnya terlalu lama
kesalahan ketiga adalah serbet yang untuk menutup kukusan ga nyerap air
*mencari kambing hitam, sekarang saatnya menyalahkan diri sendiri!
kesalahan keempat adalah TERLALU TAKUT!! ini yang paling bahaya... seharusnya aku pede aja.. hikz..

Ga ada kata terlambat untuk mencoba lagi.. tunggu liburan berikutnya =)


Resepnya:
2 butir telur
225 gr gula pasir (aku pake gula halus)
1/2 sdm SP (aku pake ovalet)
225 gr tepung terigu segitiga biru
200 ml air soda (aku pake sprite yang botol kaca)
pewarna, paling bener adalah coklat pasta (aku pake coklat bubuk dan hasilnya gagal)

*cara membuat:
- siapkan kukusan dan didihkan air
- kocok telur + gula + SP sampai kental dan berwarna pucat
- masukkan tepung terigu dan air soda secara bergantian (jangan mengaduk terlalu lama)
- pisahkan 1/3 bagian, beri pasta coklat
- siapkan cetakan bolu dan kertas roti
- tuang ke dalam cetakan dan beri adonan coklat di atasnya
- masukkan ke dalam kukusan yang sudah panas dan kukus sekitar 25-30 menit
note:
jangan buka-buka kukusan, ntar ga bisa ngembang
adonan yang dimasukkan ke dalam kukusan seperlunya saja, ga terlalu penuh
ngukusnya jangan lama-lama (ntar hasilnya kaya punyaku =p) rada bantet

No comments: