Pages

Sunday, March 27, 2011

Bubur Sagu Mutiara

Akhirnya kemarin ga lupa bawa kamera... ^^
Minggu lalu aku bikin bubur sumsum, tapi kameranya ketinggalan.. Ga bisa ngepost deh.. Huix.
Kali ini aku bikin bubur mutiara.. Aku suuukkaa bangettt...
Di Karawaci tuh susah banget cari makanan beginian.. Akhirnya buat sendiri aja.. Hehe..
Aku pake resepnya mbak Fatmah:

Resep Sagu Mutiara
Bahan:
250 gr sagu mutiara
500 ml air (aku pake 700 ml, biar lebih encer n ga terlalu kental)
150 gr gula pasir (aku pake 200 gr --> entah karena aku suka manis atau aku pake gula putih yang notabene ga semanis gula pasir yang warnanya kekuning-kuningan)
2 lbr daun pandan
1 ltr air untuk merendam

Saus santan:
250 ml santan (aku pake 500 ml, karena aku suka banget ma santan)
½ sdt garam (1 sdt..yeny)

*untuk kuah santan, aku pake 1 butir kelapa dicampur ma 500 ml air, peras..

Cara membuat:

  • Rendam sagu mutiara dalam air 1 ltr selama lk. 1 jam.Tiriskan. (aku cuma 15 menit karena ga mau terlalu hancur)
  • Masak 700 ml air, daun pandan dan gula pasir hingga mendidih, tuang sagu mutiara, masak terus sambil diaduk hingga kental dan mendidih. Angkat.
  • Masak semua bahan saus sambil diaduk agar santan tidak pecah, mendidih. Angkat.
  • Sajikan bubur Mutiara dengan Saus santan.
Hasil dari resep diatas adalah buburnya hancur gt.. Kalo kalian lebih suka bubur Mutiara yang bulet-buletnya utuh, kalian bisa pake resep ini:

Bahan:
250 gr sagu mutiara
1000 ml air (bisa lebih n kurang, tergantung selera)
200 gr gula pasir
2 lbr daun pandan

Bahan Saus (sama)

Cara membuat:

  • Masak 1000 ml air, daun pandan dan gula pasir hingga mendidih, tuang sagu mutiara, masak terus sambil diaduk hingga kental dan mendidih. Angkat.
  • Masak semua bahan saus sambil diaduk agar santan tidak pecah, mendidih. Angkat.
  • Sajikan bubur Mutiara dengan Saus santan
Bedanya ma resep pertama adalah sagunya ga perlu direndam air. Kalo direndam dulu, sagunya hancur.
Kalo pake resep kedua, sagunya masih untuh bulet-bulet..
Gimana?? Gampang kan??
Ayo coba!! =)

6 comments:

Leni Liem said...

pagi2 buka blog yeny langsung ngeliat makanan.. klo lg puasa bisa batal nih hahahhaa
pengen nyobain tp bisa ga ya
hahaha

Yeny Merlina Kristanti said...

Hahaha,,, ayo nyoba cii....
pasti berhasil.. gampang kok.. hehe...

Leni Liem said...

ci Lia blum liat nih spt nya,, klo ga pasti dia comment hahahha
duhh ntr numpang copy resep nya ya :)

Yeny Merlina Kristanti said...

ayo ci Leni...
nyobaaaa... ntar kasi kabar hasilnya... hehe..
okey22

Leni Liem said...

iya smua pengen dicoba T__T
mg2 minggu ini aku ada wktu.. tg yeny buat resep2 nya yg slalu buat gw laperrr =)

Yeny Merlina Kristanti said...

kutunggu cici.. hehe